Liburan Telah Tiba!! Bingung untuk memilih tempat untuk berlibur atau merasa jenuh dengan tempat atau suasana liburan yang itu itu saja, ada baiknya anda mencoba untuk berbackpacker ria menuju pulau lombok khusunya pulau GILI TRAWANGAN..!!

kejernihan laut dangkal Gili Trawangan

Saya ingin sedikit membagi pengalaman saya selama berlibur ke lombok dan Gili Trawangan. Bagi anda pecinta wisata alam apalagi seorang backpacker, anda harus mencoba berlibur ke pulau yang satu ini, yaitu Gili Trawangan. Saya sangat merekomen Gili Trawangan sebagai tempat berlibur anda atau sekedar ingin menikmati suasana alam yang berbeda dari biasanya. Sun,sand and beach, kata – kata itulah yang pantas menggambarkan suasana Pulau Gili Trawangan. Gili Trawangan merupakan salah satu dari 3 pulau kecil yang berada dibarat laut Pulau Lombok. Terdapat 3 Gili di barat laut Pulau Lombok, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air.

Jika anda berdomisili di Bali anda cukup menggunakan kendaraan pribadi anda untuk berlibur di gili trawangan seperti sepeda motor atau mobil. Selain harga nya lebih murah, anda dapat menikmati suasana alam disana saat perjalanan, ketimbang anda menggunakan pesawat, yang tentu merogoh kocek yang cukup besar untuk kantong seorang backpacker yang tentu nya meminimalisasi biaya2 yang kurang penting . Berdasarkan pengalaman saya selama perjalanan kesana, saya menggunakan sepeda motor bersama 5 teman saya, Jadi kami membawa 3 motor saat perjalanan. Diperlukan waktu kurang lebih 1 jam dari pusat kota Denpasar untuk menjangkau Pelabuhan Padangbai Karangasem. Untuk satu motor dikenakan tarif Rp 100.000/motor sedangkan untuk mobil pribadi dikenakan tarif Rp 690.000/mobil untuk sekali menyebrang. Jadi saya lebih memilih menggunakan sepeda motor ketimbang mobil pribadi dalam perjalanan menuju lombok karena tarifnya jauh lebih terjangkau. Anda akan menghabiskan waktu selama kurang lebih 5 jam untuk menyebrang menggunakan kapal feri dari padangbai menuju pelabuhan Lembar Lombok. Sebaiknya anda menyebrang pada waktu dinihari sekitar jam 2-3,agar anda dapat beristirahat di kapal feri pada saat menyebrang, dan pagi – pagi sekitar jam 8 anda telah sampai di lombok dan siap untukmelanjutkan perjalanan.

Sesampainya di pelabuhan Lembar, ada baiknya anda istirahat sebentar untuk sarapan pagi. Disana banyak terdapat warung-warung yang menyediakan makanan. Jangan terlalu lama menghabiskan waktu disana, karena perjalanan masih kurang lebih 2 jam lagi menuju Pelabuhan Bangsal,yaitu pelabuhan untuk menyebrang ke Gili2 tersebut,  yaitu Gili Trawangan,Gili Meno,dan gili air. Perjalanan 2 jam tidak terasa membosankan karena sepanjang jalan menuju pelabuhan bangsal anda akan disuguhkan panorama pantai senggigi dan malibu yang begitu indah dan menakjubkan. Ambil lah jalur ke arah pantai senggigi, memang sih lebih jauh daripada mengambil jalur ke kota mataram, namun pemandangan laut dari atas dan bukit di pesisir pantai sangat indah dan elok, sehingga perjalanan ke pelabuhan bangsal tidak terasa melelahkan.

Perjalanan 2 jam pun tidak terasa, saya dan teman- teman telah sampai di pelabuhan bangsal. Disana kami menitipkan motor-motor kami di tempat penitipan motor yang ada disana. Karena di gili Trawangan bebas polusi kendaraan, alat transportasi yang ada hanya sepeda dan cidomo (sejenis dengan dokar). Biaya penitipan motor hanya Rp 10.000/malam yang dititipkan dirumah penduduk di sekitar bangsal, kami berada di Gili Trawangan selama 3 hari 2 malam jadi kami kena Rp 20.000 untuk satu motor.

pemandangan sepanjang jalan menuju bangsal

Kami pun segera membeli tiket penyebrangan dengan menggunakan sejenis kapal nelayan dengan muatan maksimal 20 orang. Harga tiket pun relatif murah yaitu Rp 10.000/orang untuk sekali menyebrang ke Gili Trawangan. Loket tiket untuk menyebrang buka dari jam 8 pagi hingga 3 sore. Apabila anda menyebrang lewat dari jam 3 sore, anda harus nego langsung dengan pemilik kapal untuk menyarter kapal tersebut, yang tentunya harga yang dikenakan pasti jauh lebih mahal.karena tiket untuk public boat sudah tutup. Sehingga disarankan bagi anda untuk menyebrang ke Gili pada pagi hari sekitar pukul jam 9-10. Selain karena di sore hari harga kapal akan mahal, ombak laut juga akan sangat besar di atas jam 12 siang.

Penyebrangan menuju gili trawangan hanya memakan waktu kurang dari 30 menit. Kami pun sampai di tepi pantai Gili Trawangan sekitar pukul 11 siang. Sungguh menakjubkan, kami pun sangat senang sekali telah sampai di Gili tersebut, pasir nya yang sangat putih, air laut yang jernih tanpa ombak, dan bebas dari polusi udara membuat suasana begitu nyaman tenang dan damai setelah menginjakan kaki di pulau ini. Kami pun segera mencari penginapan atau homestay yang murah di sepanjang pulau ini. Disini terdapat beragam jenis vila dan hotel mulai dari yang harganya berkisar 100 ribuan sampai yang jutaan, semua nya teersedia disini. Akhirnya kami memilih Polos homestay sebagai tempat tinggal kami selama di Gili Trawangan. Harga yang murah yaitu 240rb/malam yang muat untuk 6 orang membuat kami menjatuhkan pilihan untuk menginap disini. Perjalanan yang sangat melelahkan membuat tubuh kami sangat letih, beberapa teman kami langsung beristirahat begitu tiba disana, namun saya dan 2 orang teman saya memilih untuk langsung jalan-jalan di pulau ini. Rasa letih sirna begitu saja ketika melihat pemandangan pantai laut dan pasir putih yang begitu eksotis.

Kami pun lagsung menyewa sepeda yang ada di sepanjang jalan di Gili Trawangan seharga Rp 30.000/hari dan langsung bersepeda mengitari pulau ini. Hanya menempuh waktu 45 menit anda sudah dapat mengitari penuh Gili Trawangan. Di sepanjang pantai di Gili Trawangan ini anda bebas berenang dan ber snorkling ria, namun anda harus tetap waspada terhadap kemungkinan yang tidak diinginkan. Anda akan menemukan plang berisikan tulisan snorkling area yaitu titik atau spot terbaik untuk melakukan snorkling. Anda cukup menyewa peralatan snorkling yaitu kaca/mask dan sepatu katak seharga 30 ribu rupiah. Apabila anda tidak bisa berenang, disana tersedia juga jaket pelampung.

Anda pun akan disuguhkan panorama bawah laut yang sangat indah saat bersnorkling, air nya yang jernih membuat kita dapat dengan jelas melihat kehidupan ekosistem bawah laut yang menakjubkan. Jika anda beruntung anda akan melihat beberapa kura – kura dan ikan – ikan yang langka disana.

Tidak lengkap rasanya tanpa melihat sunset di gili trawangan..disana terdapat tempat yang sangat nyaman dan bagus untuk melihat sunset,nama tempatnya adalah sunset point. Anda akan disuguhkan pemandangan sunset yang indah dan jika cuaca sedang bersahabat anda akan dapat melihat Gunung Agung di Bali dari Sunset point tersebut.

Malam telah tiba, saat nya menghabiskan malam di gili trwangan. Gili Trawangan pada malam hari sangat rami, karena di sepanjang pantai terdapat banyak hotel serta bar – bar yang setiap malam saling bergantian mengadakan party. Bagi anda pecinta kuliner, berbagai kuliner seafood maupun kuliner lainnya banyak tersedia di sepanjang tepi pantai tersebut. Harga nya memang lumayan menguras dompet, namun ada beberapa tempat yang menyediakan kuliner2 dengan harga yang terjangkau.

Dari begitu banyak nya bar yang tersedia, saya dan teman teman tertarik pada sebuah bar, yaitu sama-sama reggae bar yang merupakan bar reggae yang penuh denga turis lokal dan mancanegara. Kami pun memilih menghabiskan malam di Gili Trawangan di bar tersebut dengan beberapa botol beer. Disana suasana benar2 santai dengan perpaduan gitar klasik dan jimbe diiringi suara vokal dari  home band disana yang membawakan single2 reggae ternama dari Bob Marley, Steven Jam dan artist2 ternama lainnya.. yeahh i feel high !! REGGAE RULES